Wajib Tahu! Berikut Perbedaan Pertamax Turbo, Dexlite hingga Pertamina Dex

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO.COM – Hadirnya beragam jenis kendaraan bermotor di Indonesia turut memperkaya nuansa jalan raya. Mulai sepeda motor hingga mobil.

Untuk itu, setiap kendaraan membutuhkan perlakuan yang berbeda, mulai dari perawatannya hingga jenis bahan bakar yang dikonsumsi setiap harinya.

banner 336x280

Berikut perbedaan Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex yang dikutip dari laman Pertamina.com

 

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo adalah bahan bakar untuk kendaraan bensin yang memiliki rasio kompresi mesin 12:1 hingga 13:1 atau yang sudah disematkan turbocharged.

Seperti mobil balap dan supercar. Bahan bakar minyak ini memiliki angka oktan tertinggi atau RON 98 dan mengandung Ignition Boost Formula (IBF) yang membuat pembakaran lebih optimal.

Jangan coba-coba menggunakannya untuk kendaraan di bawah rasio kompresi tersebut, mesin bisa ngelitik.

 

Dexlite

Bahan bakar minyak produk pertamina ini untuk kendaraan diesel. Dexlite memiliki kandungan cetane 52 dan kandungan sulfurnya maksimal 1200.

Angka cetane yang tinggi membuat sistem pembakaran lebih baik, juga menambah tenaga pada mesin. Kandungan sulfur di angka 52, membuat mesin dan emisi atau gas buang lebih bersih.

Untuk diketahui beda Petamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex juga soal rata-rata jarak tempuh kendaraannya. Penggunaan 1 liter Dexlite rata-rata mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km.

 

Pertamina Dex

Pertamina Dex memiliki angka cetane 53, kandungan sulfur maksimal 300. Kandungan cetane yang lebih tinggi menjadikan mesin lebih bertenaga.

Sementara kandungan sulfur yang rendah pada Pertamina Dex membuat bahan bakar ini menjadi lebih ramah lingkungan sesuai untuk mobil dengan standar EURO 4.***

banner 336x280
BACA JUGA:  Hasil Memuaskan IIMS Surabaya 2024 dengan Nilai Transaksi Mencapai Rp 247M