Inilah 5 Tanda Kamu Sudah Dewasa Secara Emosional yang Perlu Kamu Ketahui

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO – Sering kali kita memiliki rasa emosi yang tidak terkendali yang membuat kamu merasa tidak nyaman dengan mempunyai rasa seperti itu.

Namun ketika kamu sudah dewasa kamu bisa mengatasi emosi, itu biasanya dinamakan kedewasaan emosional yang di mana kamu mampu untuk merasakan, mengatur, dan juga memproses emosi secara efektif.

banner 336x280

Selain itu kedewasaan emosional adalah di mana kamu bisa mengkomunikasikan hal tersebut dengan pikiran terbuka untuk perspektif yang sangat berbeda, yang biasanya mencerminkan kemampuan untuk introspeksi dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain atau orang yang ada disekitarnya.

Mengutip dari beragam sumbr, inilah tanda-tanda kamu sudah bisa mengontrol emosi, simak dia!

1. Mampu menahan dan tahu kapan harus melakukan percakapan

Ketika kamu mampu menahan emosi yang cukup mendalam, kamu tidak akan buru-buru langsung mencari kebenara.  Disaat kamu sedang sangat emosi dan kamu akan berusaha menghindari beberapa saat.

Karena kamu tidak ingin menyinggung perasaan orang lain, dan ketika kamu sedang berselisih kamu bisa berhenti sejenak ketika percakapan menjadi memanas, dan melakukan percakapan di waktu lain dengan topik yang sama tetapi dengan pikiran yang jauh lebih tenang.

2. Mempunyai rasa empati

Mempunyai rasa empati dengan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda, dan kamu tidak merasa kalau kamu benar sendiri.

Melainkan menimbang perspektif lain sebagai peluang untuk perbaikan diri.

3. Bersikap jujur

Sering berbohong karena takut mengatakan yang sebenarnya terjadi, orang yang matang secara emosional dengan penuh kasih sayang mengungkapkan kebenaran dengan fakta.

Meskipun terdengar sangat menyakitkan namun kejujuran di awal adalah langkah yang sangat penting sebelum menjadi kesalahpahaman yang tidak diinginkan karena terlalu banyak berbohong.

BACA JUGA:  Pengidap Gagal Ginjal Wajib Simak!, Inilah yang Harus di Rutinitaskan
banner 336x280