Wajib Tahu! 5 Manfaat dari Mendonorkan Darah Bagi Tubuh Kita

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO – Donor darah ternyata mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Bahkan donor darah bisa meningkatkan produksi sel darah merah hingga menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, mendonorkan darah juga akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan darah, maka dari itu, kita bisa membantu keselamatan orang lain dengan cara mendonorkan darah kita sendiri.

banner 336x280

Melansir dari beragam sumber, inilah manfaat yang bisa kalian rasakan jika kalian ingin mendonorkan darah kalian:

–              Menjaga kesehatan jantung

Mendonorkan darah ternyata bermanfaat untuk melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah penyumbatan arteri.

Jika kita melakukannya secara rutin, maka akan mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 88 persen. Bukan hanya menurunkan risiko terkena serangan jantung, namun bisa juga meminimalisir penyakit stroke, kanker , dan yang menarik lainnya donor darah dapat membuat kadar zat besi berkurang.

–              Meningkatkan produksi sel darah

Banyak sekali orang yang mengira jika kita melakukan donor darah maka darah kita akan berkurang. Namun tanpa kalian ketahui, bahwa kegiatan ini bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

Pada sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang, namun proses ini akan memakan waktu beberapa minggu.

–              Mempercepat pemulihan luka

Ketika mendonorkan darah makan tubuh akan menyeseuaikan diri akibat berkurangnya sel darah merah, dan tentu saja tubuh juga membutuhkan penyesuaian saat mengalami luka yang menyebabkan berkurangnya sel darah merah, dengan begitu maka proses penyembuhan luka akan lebih cepat.

–              Menurunkan kolestrol

Mendonorkan darah ternyata dapat menurunkan kolestrol jika kalian melakukannya dengan rutin. Dengan mendonorkan darah, kadar kolestrol ternyata akan berkurang seiring dengan lamanya pendarahan.

–              Membakar kalori

BACA JUGA:  6 Buah Ampuh Kurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Setiap 450 ml kalian mendonorkan darah, maka hal itu bisa mnurunkan 650 kalori. Jika kalian ingin melakukan donor darah, pastikan kalian banyak minum air pputih dan mengkonsumsu makanan sebelum melakukam donor.

banner 336x280