Beruban Padahal Masih Berusia Muda? Inilah Penyebabnya

banner 468x60
banner 468x60

DepostSolo,- Rambut beruban atau berubahnya warna rambut menjadi abu-abu itu sering di alami oleh orang yang sudah beranjak menua, atau memang sudah lansia. Tetapi, bagaimana jika seseorang mengalami rambut beruban pada usia yang sangat masih muda?
Munculnya uban pada rambut sering menjadi seseorang merasa tidak percaya diri, apalagi pada orang yang masih berusia muda. Apasih penyebab rambut bisa beruban di usia yang masih muda? Simak penjelasannya.

  • Stres oksidatif
    Rambut beruban di usia muda bisa disebabkan oleh stres oksidatif. Stres oksidatif menyebabkan ketidak seimbangan ketika antioksidan tidak cukup untuk melawan efek yang merusak akibat radikal bebas. FYI, radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang merusak sel serta berkontribusi pada penuaan dan penyakit.
    Stres oksidatif merusak sel-sel dalam tubuh dan bisa menyebabkan rambut beruban di usia muda. Terlalu banyak stres oksidatif dapat mendorong perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo juga bisa memutihkan rambut karena kematian sel melanin dan hilangnya fungsi sel.
  • Kekurangan vitamin
    Penyebab utama rambut beruban adalah kekurangan vitamin. Khususnya, kurangnya vitamin B6, B12, vitamin D dan vitamin E dapat berkontribusi pada penuaan dini. Selain itu, defisit vitamin D3, B12 dan tembaga dapat mengubah rambut jadi memutih.
    Kekurangan nutrisi memang memengaruhi pigmentasi, namun warna rambut diklaim bisa kembali apabila kita mengonsumsi suplemen vitamin. Sementara, penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Trichology meneliti faktor-faktor penyebab rambut beruban pada anak muda India di bawah usia 25 tahun.
    Hasilnya, ditemukan kadar serum feritin yang rendah, kurangnya zat besi serta vitamin B12 pada peserta yang rambutnya memutih, ungkap laman (Medical News Today.)

banner 336x280
BACA JUGA:  Cara Mencegah Penyakit Sinusitis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *