Mengenal Gigi Sensitif dan Cara Merawatnya

banner 468x60
banner 468x60

DepostSolo,- Gigi ngilu saat makan es atau minum kopi panas? Padahal kamu tidak memiliki gigi yang berlubang sama sekali. Rasa ngilu setelah konsumsi makanan atau minuman dingin dan panas bisa terjadi karena kamu memiliki gigi sensitif.
Mengutip dari laman mccarldental.com, gigi ngilu tak hanya muncul saat konsumsi makanan dingin atau panas saja. Konsumsi makanan dengan cita rasa yang manis dan asam juga memicu rasa ngilu saat kamu memiliki gigi sensitif. Lantas, apa itu gigi sensitif?

Mengenal Gigi Sensitif

banner 336x280

Gigi sensitif merupakan sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi ini muncul sebagai akibat atau respons terhadap sejumlah aktivitas gigi. Salah satunya makan makanan dingin atau panas.
Gigi sensitif terjadi karena terkikisnya bagian terluar gigi, di mana hal ini menyebabkan lapisan dentin gigi terbuka. Bagian dentin sendiri terhubungan dengan akar dan jaringan saraf gigi yang berhubungan erat dengan rasa nyeri pada gigi.
Gigi sensitif juga bisa terjadi karena resesi gusi atau gusi turun. Ini kemudian menyebabkan akar gigi terekspos. Menyikat gigi terlalu keras dan penumpukan plak disinyalir sebagai penyebab resesi gusi. Saat gigi atau gusi bersentuhan dengan panas, dingin, manis atau asam, ini bisa membuatnya terasa ngilu dan nyeri.

banner 336x280
BACA JUGA:  Tidur Tanpa Bantal Juga Memiliki Dampak Kesehatan, Simak Apa Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *