Bursa Pembalap MotoGP 2025, Konfirmasi Kontrak hingga Rumor Terbaru

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO.COM – Mari kita mulai dengan siapa yang telah mengamankan kontrak untuk 2025.

Mengutip dari laman resmi MotoGP, Brad Binder mencapai kesepakatan baru dengan KTM akhir 2023 lalu, yang mana pembalap Afrika Selatan itu bakal bertahan hingga 2026 bersama pabrikan Austria.

banner 336x280

Lalu, pada awal 2024 Ducati mengikat Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia, dengan kontrak berdurasi dua tahun sampai 2026.

Skuad Bologna juga telah mengamankan bintang muda Moto2™, Fermin Aldeguer. Diharapkan sang pembalap Spanyol akan berkompetisi di bawah bendera Prima Pramac Racing, jika tim memperpanjang kesepakatan dengan Ducati.

Di kubu Yamaha, Juara Dunia MotoGP™ 2021, Fabio Quartararo, menegaskan komitmennya terhadap pabrikan Iwata selama dua musim ke depan, seiring upaya tim melanjutkan proyek pembangunan kembali YZR-M1. Sementara di Honda telah mengikat Luca Marini dan Johann Zarco hingga akhir musim 2025.

 

Fabio Quartararo Ungkap Alasan Bertahan di Yamaha

Juara Dunia MotoGP™ 2021, Fabio Quartararo, mengatakan bahwa pembicaraan dengan manajemen Yamaha sebagai faktor penting dalam perpanjangan kontraknya hingga 2026.

Saat akhir pekan GP Italia, Pierer Mobility Group mengonfirmasi pendatang baru Pedro Acosta akan pindah dari garasi Red Bull GASGAS Tech3 ke pit box Red Bull KTM Factory Racing.

Pengumuman mengejutkan kemudian muncul setelah Tes Mugello saat Aprilia Racing merekrut Jorge Martin (Prima Pramac Racing), yang akan bergabung dalam kontrak multi-tahunan pada 2025. Martinator menggantikan Aleix Espargaro yang bakal pensiun akhir musim ini. Bagian pertama yang besar dari teka-teki Silly Season kini sudah mulai terjawab. Namun hanya dua hari kemudian, Juara Dunia delapan kali, Marc Marquez, diumumkan sebagai pembalap pabrikan Ducati.

 

Rumor yang Beredar

BACA JUGA:  Hari Ketiga Training Camp di Yogyakarta, Coach Milo: Semua Pemain Harus Bersaing untuk Posisi Sebelas Pertama

Ducati

Dengan kepindahan Martin yang sudah dipastikan ke Aprilia, maka itu membuka jalan bagi Juara Dunia delapan kali, Marc Marquez, untuk pindah dari Gresini Racing ke tim pabrikan bersama Pecco musim depan. Adapun kepastian nasib Enea Bastianini masih belum diketahui pada 2025.

 

Siapa Rekan Setim yang Diinginkan Francesco Bagnaia?

Juara Dunia bertahan, Francesco Bagnaia, menanggapi kemungkinan calon rekan setimnya pada MotoGP™ 2025, yakni Enea Bastianini, Jorge Martin atau Marc Marquez.

Belum ada yang dikonfirmasi pula dari Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Hal yang sama dapat dikatakan untuk Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing) dan Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™).

Aprilia

Kita tahu Aleix Espargaro akan pensiun dan bakal digantikan oleh Martin. Sementara itu, Maverick Vinales belum menandatangani kontrak baru dengan Aprilia. Pembalap Spanyol itu tidak terburu-buru memutuskan di mana ia akan membalap pada 2025.

 

Maverick Vinales Beberkan Kunci Kemenangannya

Kendati sempat melorot turun ke P11, sang pembalap Aprilia Racing mampu bangkit dan memulihkan posisi untuk kemudian mengemas kemenangan bersejarah di COTA.

 

Di garasi Trackhouse Racing, masa depan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez berada dalam ketidakpastian seiring upaya kedua pembalap membantu tim Amerika membangun fondasi di MotoGP™.

 

KTM/GASGAS

Kursi pabrikan pada 2025 siap untuk diperebutkan. Nampaknya bakal terjadi pertarungan antara Jack Miller (Red Bull KTM Factory Racing) dan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) untuk menjadi pendamping Binder musim depan.

Sedangkan masa depan Augusto Fernandez juga belum diputuskan di GASGAS Tech3.

 

Yamaha

Dengan perpanjangan kontrak Fabio Quartararo yang sudah beres, perhatian utama setelah GP Italia adalah apakah Yamaha akan memiliki Tim Independen atau tidak pada 2025? Adapun masa depan Alex Rins masih dipertanyakan seiring berlanjutnya Silly Season ini.

BACA JUGA:  Susunan Pemain Persib vs Persikabo, Prediksi Skor

 

Bos Yamaha Bahas Kontrak Fabio Quartararo dan Rumor Tim Satelit

Managing Director Yamaha, Lin Jarvis, buka suara tentang bertahannya Fabio Quartararo hingga 2026, serta rencana pabrikan Iwata untuk berekspansi.

 

Honda

Luca Marini (Repsol Honda Team) dan Johann Zarco (CASTROL Honda LCR) menandatangani kontrak pada 2023 yang berlaku sampai akhir musim depan. Keduanya bergabung dari Ducati saat libur musim dingin.

Hal ini membuat Takaaki Nakagami (Idemitsu Honda LCR) dan Joan Mir (Repsol Honda Team) berusaha menyelesaikan masa depan mereka dalam beberapa minggu mendatang. (RK)

banner 336x280