Seminar Tahunan Lisensi Klub PSSI Berakhir

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO.COM – Seminar tahunan lisensi klub yang digelar oleh PSSI telah berakhir. Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari itu, telah banyak memberikan materi yang dibawakan oleh para narasumber, kepada para peserta yang terdiri dari seluruh perwakilan klub-klub liga 1 dan 2. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta dari tanggal 11 hingga 13 Desember 2023.

Dua anggota Komite Eksekutif PSSI menutup acara seminar tahunan tersebut, mereka adalah Muhammad dan Khairul Anwar.

banner 336x280

Khairul Anwar menegaskan pentingnya seminar ini dilaksanakan, dan dia juga mengatakan kalau PSSI akan rutin mengadakan seminar semacam ini tiap tahunnya.

“Target dari Ketua Umum jelas, PSSI sepakbolanya harus mendunia, salah satu cara untuk kita mendunia adalah menyempurnakan terkait kompetisi, manajemennya juga. Disini kita ajarkan solusi dan berikan materi yang cukup. Salah satu materi yang krusial adalah Club Licensing ini, terutama untuk tim-tim liga 1, karena apa? Pada saat mereka menjalani kompetisi, regulasinya mereka paham dengan sempurna, dan ketika lolos ke liga Champions Asia, secara regulasi sudah clear tidak ada masalah. Ini yang diprioritaskan,” bukanya usai acara.

“Klub liga 2 juga tidak kalah penting, nanti pada saat mau naik ke liga 1, tidak perlu mengurus lisensi lagi, karena mereka sudah dapat, dan ini akan kita selenggarakan rutin setiap tahun. Target awal kita, Indonesia ini bisa berkuasa di level ASEAN, kemudian baru kita bicara Asia, lalu kita capai Indonesia mendunia.”

“Yang jelas, kita akan fokus pada klub-klub liga 1 dan 2, bagaimana alih status pemainnya, kemudian bagaimana nanti mereka mendapatkan lisennya, ini yang terpenting, karena kita harus profesional kedepannya,” sambungnya.

Rangkaian materi pun diberikan selama tiga hari seminar ini berlangsung. Di hari kedua, dibuka dengan materi Finance Criteria, yang dibawakan oleh Yulius Amos, lalu dilanjutkan dengan materi Sporting Criteria lalu Personnel, Administration dan Legal Criteria, oleh Putri Aprillia Utomo.

BACA JUGA:  Persis Solo Gagal Membawa Hasil Maksimal Dalam Pekan ke-20 Saat Melawan Persikabo

Siang hari, topik materi semakin menarik dimana penyampaian Infrastructure Criteria oleh Adi Nugroho sebagai ahli di bidang Infrastructure, Safety and Security PSSI. Adi kembali memberikan materi dengan tema bahasan mengenai hal yang sama, namun diselingi dengan tanya jawab yang dilemparkan kepada para peserta seminar.

banner 336x280