Siap, Siap, Siap! Kisah Jan Koller, Striker Legendaris Borussia Dortmund yang Pernah Jadi Kiper Dadakan

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO.COM – Sosok menjulang asal Republik Ceko, Jan Koller mungkin masih terngiang dalam ingatan kita, terlebih bagi mereka yang tumbuh di tahun 90an.

Striker jangkung berkepala plontos itu menjadi andalan lini serang Borussia Dortmund yang kala itu cukup ditakuti di Eropa.

banner 336x280

Bahkan Jan Koller pernah dinobatkan menjadi kiper terbaik oleh majalah Kicker pada 2002 meski posisi aslinya adalah seorang striker.

Mengutip dari kanal YouTube Sejarahbola pada Jum’at (29/9/2023), cerita itu bermula pada 9 November 2002. Di mana pada saat itu, Bundesliga sedang menggelar derbi panas Der Klasiker yang mempertemukan Borussia Dortmund menghadapi Bayern Munchen.

Jan Koller pada pertandingan itu berhasil membuat gol pembuka, namun Bayern Munchen mampu bangkit dan menyamakan skor menjadi 1-1.

Bayern kemudian menambah skor pada menit 67. Kiper Jens Lehmann pada saat itu memprotes keras keputusan wasit hingga dia akhirnya mendapatkan kartu merah.

Apesnya, Dortmund saat itu telah memakai jatah pergantian 3 pemainnya. Walhasil Jan Koller terpaksa mengambil peran Jens Lehmann menjadi kiper.

Selama 23 menit tersisa, Jan Koller sukses tampil impresif menjadi kiper dadakan.

banner 336x280
BACA JUGA:  Indonesia vs Suriah, Berikut Jadwal Timnas U-20 Piala Asia