Tips Menjaga Kerangka Sepeda Motor Agar Tidak Mudah Patah

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO – Rangka sepeda motor yang mudah patah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya seperti tekanan dan beban yang berlebihan, hingga faktor material dan proses produksi dari pabrikan yang kurang baik.

Efek lingkungan dan pemeliharaan yang kurang baik juga memiliki peran penting dalam ketahanan rangka motor Anda.

banner 336x280

Selain itu, kecepatan dan gaya berkendara yang agresif bisa meningkatkan beban yang diterima oleh rangka hingga membuatnya cepat rusak.

Berdasarkan berbagai faktor penyebab tersebut, ada beberapa hal perlu diperhatikan dan diterapkan agar rangka sepeda motor Anda tetap terawat dan tidak mudah patah. Sebagai panduan, ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini!

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan berkala adalah salah satu tips menjaga rangka sepeda motor yang paling penting Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pemeriksaan:

Korosi pada Rangka

Karat yang muncul dapat mengurangi kekuatan rangka. Selain itu, karat akibat korosi pada rangka dapat terjadi akibat berbagai faktor seperti cat yang mengelupas, benturan benda tajam, atau kontak dengan bahan kimia.

Untuk mengatasi karat ringan, bersihkan dengan sikat kawat dan amplas sebelum memberikan cat pelindung yang sesuai. Namun jika karatnya sudah terlanjur parah, kemungkinan akan memerlukan tindakan pengelasan ulang.

Kekakuan Rangka

Kekakuan rangka adalah faktor penting dalam stabilitas sepeda motor. Ini dapat dipengaruhi oleh produksi pabrik yang kurang baik atau kesalahan penggunaan.

Kecelakaan, beban berat, atau kondisi jalan yang buruk juga dapat mempengaruhi kekakuan rangka. Oleh karena itu, pemeriksaan dan perawatan berkala wajib dilakukan untuk menjaga kekakuannya.

banner 336x280
BACA JUGA:  Jelang Masa Pemilu, Bawaslu Temanggung Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye