Tips Menjadi Public Speaking yang Baik dan Professional Tidak Gugup

banner 468x60
banner 468x60

DepostSolo,- Beberapa orang ketika akan tampil berbicara atau presentasi di depan banyak orang merasakan gugup, grogi , tegang, gemetaran, berkata terbata-bata, keluar keringat dingin bahkan pucat pasi, apa yang akan disampaikan menjadi blank padahal sebelumnya sudah mempersiapkan diri dengan matang. Perasaan semacam itu biasa desebut dengan istilah nervous alias grogi.

Rasa nervous sangat wajar muncul sebagai respons tubuh saat merasa stress pada suatu keadaaan dalam tekanan . Ada faktor hormonal dan fisiologis yang sangat berperan saat menghadapi sesuatu yang dianggap mengancam / mengkhawatirkan. Ketika berhadapan dengan situasi menegangkan, saat itulah tubuh akan memproduksi adrenalin dan di saat bersamaan jantung akan berdetak lebih kencang. Bagi yang sering mengalami nervous yuk kita kenali bagaimana untuk menghilangkan dan mengatasinya, sehingga kita dapat menjadi public speaking yang baik dan professional.

banner 336x280

Membangun rasa percaya diri
Untuk membangun rasa percaya diri yang utama adalah adanya dukungan dari orang terdekat khususnya keluarga. Dukungan yang diberikan akan membuat anda memiliki keyakinan bahwa akan mampu melampaui batas yang ada. Dari pemalu, ragu, gugup sampai takut, perasaan itu akan hilang ketika orang yang ada di sekitar anda mendukung dan percaya bahwa anda bisa. Jadi faktor lingkungan keluarga yang harmonis, solid dan terbuka sangat membantu dalam membangun rasa percaya diri yang kuat.

banner 336x280
BACA JUGA:  Jadwal Sholat Kota Solo dan Sekitarnya, Rabu 11 Oktober 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *