Rekomendasi Wisata Populer di Kota Solo

banner 468x60
banner 468x60

DepostSolo,-Kabupaten Sukoharjo memang tidak sepopuler Kota Solo, walaupun kedua daerah tersebut berbatasan langsung.

Meski demikian, Sukoharjo memiliki beragam destinasi wisata, baik wisata edukasi maupun yang romantis dan kekinian.

banner 336x280

Wisata edukasi yang bernilai sejarah di kota ini tidak sekedar menyajikan murni tempat bersejarah, tetapi tetap mengikuti tren wisata kekinian.

Marilah kita coba telusuri 5 destinasi wisata yang sangat cocok untuk liburan dan menambah wawasan sejarah, yang ada di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

1. Curug Krajan

Air terjun yang satu ini tergolong destinasi wisata di Sukoharjo yang masih perawan, bahkan masuk ke area ini pengunjung belum dikenakan tiket masuk resmi.

Curug Krajan memiliki bebatuan berundak unik. Air yang jatuh dari atas tidak terlalu kencang sehingga air terpecah seperti membentuk tirai yang indah.

Kolam alami yang terbentuk di bawahnya juga tidak terlalu dalam dan airnya pun jernih, sehingga pelancong bisa bermain air di tempat tersebut tanpa was-was.

Air terjun yang ada di desa Krajan, Weru, Kabupaten Sukoharjo ini akan mengalir ke satu sungai kecil dan langsung ke perkampungan di sekitarnya.

2. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul terdiri dari dua gunung yang saling berhadapan, dengan ketinggian 350 mdpl dan sudut kemiringan mencapai 40 hingga 60 derajat.

Gunung yang cocok digunakan sebagai lokasi pendakian tingkat pemula ini konon memiliki legenda yang dipercaya oleh warga sekitar.

Oleh karena itu di antara dua gunung tersebut hanya ada satu saja yang diijinkan untuk didaki, dan informasi yang didapatkan baru sebatas itu saja.

Untuk masuk ke obyek wisata alam ini dikenai tarif seikhlasnya.

Gunung Sepikul berada di Dukuh Gunung Lor, Tiyaran Bulu, Kabupaten Sukoharjo ini.

3. Pesanggrahan Langenharjo

Destinasi wisata yang satu ini sangat bernilai sejarah karena keterkaitannya dengan keberadaan sejarah Keraton Surakarta.

Sehingga Pesanggrahan Langenharjo distatuskan sebagai Cagar Budaya oleh pemerintah, dan dengan status tersebut area ini akan selalu dijaga nilai-nilai sejarahnya.

BACA JUGA:  Gereja Kayutangan, Gereja Tertua di Malang Jadi Saksi Bisu Eksistensi Umat Katolik
banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Wow, amazing weblog layout! How long have you ever been running a
    blog for? you make running a blog look easy.

    The full look of your web site is fantastic, as well as
    the content! You can see similar here e-commerce