Kunjungi Sentra Gerabah Bayat, Puan Minta Warisan Budaya Dipertahankan

banner 468x60
banner 468x60

DEPOSTSOLO.COM –  Ketua DPR RI, Puan Maharani menggelar lawatan daerah di wilayah Kecamatan Wedi, Selasa (30/1/2024). Dalam kesempatan tersebut, Puan mengunjungi sentra kerajinan gerabah di Dukuh Pagerjurang, Desa Melikan, Kecamatan Wedi.
Dalam kunjungannya, Puan bertemu langsung dengan perajin gerabah dan melihat proses pembuatan gerabah khas Desa Melikan dengan teknik putaran miring. Ia juga berkesempatan berdialog dengan perajin dan menyerap aspirasi yang disampaikan perajin salah satu produk unggulan Kabupaten Klaten tersebut.
“Saya hadir di sini untuk mendukung para perajin gerabah di Desa Melikan ini, agar menjadi semakin meningkat dan berkembang, baik pemasarannya maupun permodalannya,” ungkapnya.
Puan juga mengapresiasi perajin yang masih melestarikan warisan budaya nenek moyang berupa kerajinan gerabah hingga teknik pembuatannya dengan putaran miring. Perlu diketahui, teknik putaran miring dalam pembuatan gerabah hanya ditemui Desa Melikan dan diajarkan secara turun temurun. Teknik pembuatan gerabah yang unik ini sempat menjadi perhatian peneliti dunia.
“Seperti yang kita ketahui, para perajin gerabah di Melikan tidak hanya memproduksi kerajinan tangan yang dibuat secara tradisional. Namun juga mempertahankan warisan budaya asli Indonesia. Saya harap kerajinan ini membawa kesejahteraan bagi masyarakat terutama di Desa Melikan. Saya sebagai ketua DPR RI berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bersama jajaran pemerintah daerah,” paparnya.
Dalam kunjungan tersebut, turut mendampingi Bupati Klaten, Sri Mulyani dan jajaran Forkopimda Kabupaten Klaten.
Selain sentra kerajinan gerabah, Ketua DPR RI juga mengunjungi sentra produksi makanan ringan tradisional di Desa Jiwan, Kecamatan Jogonalan. Puan meminta UMKM di Kabupaten Klaten untuk terus mengembangkan produk unggulan sehingga semakin membawa peningkatan perekonomian di daerah.

banner 336x280
BACA JUGA:  Nataru 2024, Stok BBM dan LPG di Kota Semarang Dipastikan Aman